Langsung ke konten utama

Jenis Informasi dalam Komunikasi Vertikal

Dalam postingan kali ini, saya akan membahas mengenai jenis informasi yang terjadi dalam komunikasi Vertikal. Dalam definisinya komunikasi vertikal adalah komunikasi yang dilakukan dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Jika dilihat dari sisi komunikasi dari atas ke bawah, seperti yang disebutkan oleh Katz & Kahn (2006) terdapat lima jenis informasi yang biasanya dikomunikasikan dari atasan kepada bawahannya, informasi tersebut meliputi hal berikut:
  1. Informasi mengenai bagaimana melakukan pekerjaan, 
  2. Informasi mengenai dasar pemikiran untuk melakukan pekerjaan, 
  3. Informasi mengenai kebijakan dan praktek-praktek organisasi, 
  4. Informasi mengenai kinerja karyawan atau pegawai, 
  5. Informasi untuk mengembangkan rasa memiliki tugas(sense of mission) 
Sedangkan jika dilihat dari komunikasi yang dilakukan dari bawah ke atas, jenis informasi yang disampaikan meliputi:
  1. Informasi mengenai apa yang telah dilakukan oleh bawahan, 
  2. Informasi mengenai persoalan-persoalan yang terjadi, dimana pekerjaan tersebut belum dapat dipecahkan, 
  3. Informasi berupa saran atau gagasan yang ditunjukkan untuk perbaikan dalam organisasi secara menyeluruh, 
  4. Informasi yang berupa ungkapan perasaan terhadap pekerjaan, rekan kerja, maupun organisasi.

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Komentar

Posting Komentar

Tolong berkomentar yang baik dan sopan