Langsung ke konten utama

Contoh Multi Programing dengan Partisi Dinamis

Pada postingan sebelumnya tentang multiprograming dengan partisi dinamis telah di berikan satu contoh, nah.. untuk memahami materi ini saya akan berikan contoh lain tentang materi yang sama. Dimana di sini masih menggunakan soal yang sama dengan yang sebelumnya, hanya saja ukuran memory yang digunakan lebih besar. Untuk itu kita langsung saja ke contoh soalnya.
Diketahui beberapa proses yang masuk pada job queue sbb:
Gambarkan pengalokasian memory menggunakan alokasi dinamis pada memory berukuran 5120 KB, dan sistem operasi yang menggunakan memory sebesar 500 KB!
Jawab:

Disini memory yang berukuran 5120 KB diambil oleh Sistem Operasi sebesar 500 KB. Ketika t=0 semua proses dapat di tampung oleh memory. Lihat gambar berikut:
Masing-masing proses memiliki waktu pengerjaan yang berbeda-beda. Dimana P1 membutuhkan 12ms, P2 membutuhkan 8ms, P3 membutuhkan 15ms dan P4 membutuhkan 10ms. Yang selesai di proses pertama adalah P2 pada t=8, maka gambar pengalokasian memorynya seperti berikut:
Setelah itu pada t=10 P4 selesai untuk di proses.
Pada t=12 P1 selesai untuk di proses.
Dan yang terakhir selesai di proses adalah P3 pada t=15. Maka pada saat ini semua proses sudah selesai di proses, dan keadaan memory hanya berisi Sistem Operasi saja.

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Komentar