Langsung ke konten utama

Menghitung Average Waiting Time dalam Algoritma Penjadwalan Proses First Come First Served (FCFS)


Postingan saya kali ini mengenai bagaimana cara menghitung average waiting time daripada kriteria penjadwalan FCFS yang saya dapatkan di sekolah. Untuk lebih jelasnya saya berikan contoh kasus dan penyelesaiannya. 




Dari tabel di atas, tentukan average waiting time dengan menggunakan prinsip FCFS!


Saya jelaskan sedikit disini, Arrival Times adalah waktu ketika proses berada di memori utama, sebelum proses tersebut mulai dikerjakan oleh CPU. Burst Times adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan keseluruhan proses.


Nah.. setelah mengetahui apa maksud daripada tabel di atas, barulah kita mulai mengerjakan soalnya. 
Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menggambarkan kronologi eksekusi proses di atas dengan Gantt Chart. Berikut gambarnya: 

Penjelasan:


Mengenai penjelasan dari Gantt Chart di atas akan saya bahas satu per satu di bagian ini. Ketika CPU tidak mengerjakan sesuatu atau dalam posisi 0 datang sebuah proses yang dinamakan P1 yang membutuhkan waktu penyelesaian yang berjumlah 8. Karena FCFS ini melakukan proses menurut kapan proses itu datang atau yang bisa kita katakan sebagai proses antrian, maka proses selanjutnya akan di kerjakan setelah proses yang berada di depannya selesai untuk di kerjakan. Tadi proses P1 selesai di kerjakan di 8, sementara itu ada P2,P3,dan P4 yang sedang menunggu untuk di kerjakan selanjutnya.

Ketika P1 selesai dikerjakan di 8, maka akan di lanjutkan dengan pengerjaan P2 yang memiliki waktu pengerjaan sebesar 7, sehingga proses P2 akan selesai di kerjakan pada posisi 15. P1 dan P2 sudah selesai pengerjaannya, tinggal menunggu pengerjaan daripada P3 dan P4. Dan begitupun selanjutnya sampai P4 selesai untuk di proses. Saya ingatkan di sini, FCFS dalam prosesnya tidak mengizinkan sebuah penyelaan dari segi apapun, walaupun proses yang menunggu memiliki prioritas yang lebih tinggi. 

Hal kedua yang dilakukan untuk menghitung average waiting time yaitu dengan menghitung berapa lama waktu tunggu yang dihasilkan oleh proses tersebut. Untuk menhitungnya dapat dilakukan dengan cara mengurangkan waktu eksekusi dengan waktu datang. 


Jadi lama waktu tunggu dari keseluruhan proses tersebut berjumlah 28. 

Hal ketiga dan juga hal yang terakhir yang harus dilakukan yaitu menghitung Average Waiting Time dari semua proses tersebut, yaitu dengan cara sebagai berikut: 


Nah.. begitulah cara menghitung Average Waiting Time dari Algoritma penjadwalan FCFS, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dan terimakasih atas kunjungannya. 



Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Komentar

  1. thanks ya...mkasih banget materinya

    BalasHapus
  2. keren banget ilmunya. makasih yah. :p

    BalasHapus
  3. mas , kalau mau mencari urutan efisien gimana ya ???

    BalasHapus
  4. Mantap-Mantap hehehe...., benar-benar membantu Terimakasih :D

    BalasHapus
  5. Sis mau nanyain kalau proses P1 Durasinya 6 Urutan 1 Kedatangan 0
    terus P2 durasinya 8 urutan 3 kedatangan 0
    p3 durasinya 4 urutan 2 kedatangan 0
    p4 durasinya 2 urutan 4 kedatangan 0
    kalau itu buat FCFS, SJF, sama RR gimana?
    Aku gk ngerti cara menghitungnya, mohon bantuannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mbak bisa pelajari kembali logika proses dari masing-masing algoritma yang ada. Seperti contoh FCFS adalah algoritma yang mementingkan kedatangan, siapa yang paling awal datang dia yang dilayani. Di soal yang mbak sebutkan di atas, sudah ada urutan dari proses yang ada, tinggal lanjutkan dengan membuatkan tabel proses dan perhitungan lainnya. Semoga membantu

      Hapus
  6. menurut anda lebih optimal mana antara metode FCFS, SJF, Priority dan RR ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya pribadi, tergantung kasus yang dialami. Untuk lebih jelas terkait logika dari masing-masing metode penjadwalan mas bisa baca kembali terkait alur logika dari setiap metode. Saya rasa penjelasan saya untuk setiap metode sudah cukup jelas.

      Hapus
  7. Gan... Tolong balas komentar saya yang ini gan... Belum nemu tutorial buat nyelesaiinnya...
    Satuan waktu = ms

    P1=> AT=2 BT=22
    P2=> AT=7 BT=5

    Jika diselesaikan menggunakan algoritma FCFS.
    Yang bener mana gan
    P1=2-2=0
    P2=24-7=17
    Average waiting time = 17/2=8.5

    Atau
    P1=0-0=0
    P2=22-7=15
    AWT=15/2=7.5

    Seakan2 ada (Px) yang runing selama 2ms, dan berpengaruh ama waktu eksekusi pada P2.
    Tolong pencerahannya gan.. Pleasee...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan hanya perlu ingat logika dari FCFS saja, mana yg duluan itu dulu dikerjakan sampai selesai, yg blakangan dateng nunggu dlu sampe proses sebelumnya selesai dikerjakan. sisanya buat sesuai tutorial yang saya telah buat. smoga bisa membantu

      Hapus
  8. kak, kalo soal yang ada prioritynya, gimana ya kak? Saya ada contoh soal kak, jika kakak butuh soalnya.... Makasih kak

    BalasHapus
  9. makasih banyak, postingan nya sangat membantu dan bermanfaat.

    BalasHapus
  10. Kak, untuk cara nyari waktu tunggu klo arrival time ny gaada gimana?? Atau semua nilai arrival time dri semua prosesnya di 0 kn?

    BalasHapus

Posting Komentar

Tolong berkomentar yang baik dan sopan