Langsung ke konten utama

Penyebab Meningkatnya Kejahatan Komputer (Network Security)

Dalam maningkatnya kejahatan di dunia komputer faktor yang sangat besar pengaruhnya yaitu adanya timbal balik antara kenyamanan dan keamanan. Komputer yang aman tentunya memiliki banyak hal yang membuat pemakai kurang nyaman. Sehingga sedikit demi sedikit aplikasi untuk keamanan jaringan di abaikan. Padahal aplikasi-aplikasi tersebut yang nantinya dapat membuat komputer tersebut terlindung daripada kejahatan komputer yang marak terjadi. Orang berfikir aplikasi keamanan seringkali membuat ribet saat penggunaan. Ini dasar pertama kenapa kejahatan tersebut bisa timbul, hal tersebut tidak lain datang dari sisi pengguna itu sendiri. Alasan yang lainnya akan saya uraikan dibawah ini:
  1. Internet adalah faktor pertama yang saya bahas disini, ketika Internet mulai diperkenalkan kepada publik tahun 1995 sudah terdapat banyak kasus kejahatan komputer yang terjadi. Salahsatunya informasi datang dari FBI National Computer Crime Squad (1996), kejahatan komputer yang terdeteksi kurang 15%, dan hanya 10% dari angka yang dilaporkan. Hal ini dikarenakan banyak komputer yang terhubung di dalam sebuah jaringan komputer. Kembali lagi karena kesalahan daripada penggunanya yang tidak terlalu memperdulikan keamanan daripada komputer yang mereka gunakan.
  2. Kurangnya Sumber Daya Manusia yang mampu di dalam Network Security. Hal ini dikarenakan adanya transisi dari single vendor ke multi-vendor. Orang yang menguasai banyak jenis perangkat dari berbagai vendor yang harus dipelajari sangat sulit. Hal ini dikarenakan adanya banyak aplikasi yang harus dikuasai oleh seorang network security. Contohnya untuk router seorang yang terjun setidaknya menguasai Cisco, Bay Networks, Nortel, 3Com, Juniper, Linux-base router dan yang lainnya. Kemudian untuk server seorang yang terjun di network security setidaknya menguasai Solaris, Windows NT/2000/XP, SCO UNIX, Linux, *BSD, AIX, dan yang lainnya. Hal inilah salah satu penyebab terjadinya kejahatan komputer.
  3. Kemudahan dalam mendapat software menjadi penyebab selanjutnya. Internet kembali menjadi salah satu landasan untuk faktor ini. Kita bisa lihat, dengan download di internet, aplikasi sudah bisa kita pakai di komputer kita. Baik aplikasi untuk dipakai dalam hal positif atau aplikasi yang dipakai oleh tangan-tangan usil.
  4. Rendahnya Awareness menjadi hal selanjutnya yang menyebabkan meningkatnya kejahatan di dunia komputer. Awareness atau kesadaran mungkin akan membuat kejahatan itu lebih sedikit dilakukan. Alasannya jika seseorang sadar dengan apa yang dia lakukan, tidak hanya sekedar sadar bahkan dia tahu apakah yang dia lakukan baik atau tidak, maka otomatis orang tersebut akan menghindari tindakan yang dia anggap sebuah kejahatan.
  5. Kemudian penyebab selanjutnya datang dari hukum yang ditegakkan untuk kejahatan di dunia komputer. Istilah untuk hal ini adalah Cyber Law. Cyber Law masih sangat rendah, hal ini dikarenakan cyber law harus memperhitungkan hal nyata yang disebabkan oleh seseorang yang bertindak dalam kejahatan komputer, yang merugikan pengguna lain, walaupun media yang digunakan berupa media elektronik.

Pada postingan kali ini, saya hanya bisa cantumkan beberapa penyebab saja, semoga bermanfaat :)

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Komentar